>>>Mengecek kebocoran tr osiltorx(pasti kalau hal ini saya yakin mas HAMSA lebih lihai),tapi coba pastikan TR C1815,A1015,C945,benar2 tidak rusak/bocor maupun open ya mas....
>>>>Ini mungkin agak sepele mas tapi cukup berpengaruh coba cek dioda 13vnya,jumlah diodanya 2 buah/no diagramnya D521(maaf tergantung tipe pesawat).Lepas dua buah dioda ini.Kemudian ukur dengan ohm meter dengan range Yang paling tinggi yaitu 10kohm.Harus Yang paling tinggi ya mas....Cek dan tidak boleh ada kebocoran.
>>>klu dioda dicek ternyata baik coba cek lilitan/coil osilator berbentuk seperti resistor dengan gelang2 warnanya,no.Diagram L507,nilai coil 27-39uH(tergantung tipe pesawatnya).Harus diukur dengan cara dilepas....Sebab pengalaman yang pernah saya alami,coil tersebut diukur dalam rangkaian baik,tapi ternyata setelah saya lepas coil tersebut putus/open.Jadi kondisi coil mengambang....(Pasti mas Hamza dah lebih pengalaman lah...Y g' mas)
>>>dan yang terakhir coba mas Hamza cek dioda dibagian sekundernya(setelah trafo ya kan mas....)dan yang paling sering menyebabkan fed meledak(jebol istilahnya mas Hamsa he.He.)adalah Dioda untuk tegangan 115v...(Ganti dioda dengan tipe STTH lebih dianjurkan).O ya mas jika ada komponen yang mencurigakan terutama dibagian power supply seperti sedikit gosong atau pa...Gnti saja.Dengan yang baru
>>>Itulah komponen2 yang sekiranya urgent dan menyebabkan fed sering meledak,jika semua baik insyaALLAH tidak akan terjadi masalah...
>>>jika masih terjadi masalah kemungkinan yang problem trafonya sendiri...Tetapi ini sangat jarang terjadi.....
>itu yang sekirannya bisa saya jelaskan buat mas Hamsa,semoga berhasil dan saya tunggu komentarnya kembali.
Satu lagi buat mas Hamsa silahkan buka "http://elistadyon.blogspot.com/search/label/TEKNIK%20A"
untuk sekedar melihat dan/atau membandingkan proses pemasangan fed...
0 komentar:
Posting Komentar
Silahkan meninggalkan jejak.