MENJADIKAN HP SMART ZTE-C261 SEBAGAI MODEM DI UBUNTU 9.04 (INFO)

UPDATE !!!! UNTUK SETTINGAN DI UBUNTU 9.10 SILAHKAN DICEK DISINI


Sedikit nyeleneh dari artikel-artikel sebelumnya kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang perjalanan saya dalam konfigurasi HP smart ZTE-261 di ubuntu 9.04.
Alasan saya menggunakan hp ini adalah adanya promo yang sungguh luar biasa(menurut saya) yakni sejak pertama kali nomor smart diaktivkan maka akan mendapatkan gratis internet unlimited 24 jam penuh selama 90 hari (3 bulan).kecepatan CDMA...berhubung CD driver bawaan HP hanya untuk wind*** dan bukan linux maka secara otomatis saya tidak bisa otomatis menggunakan hp ini di OS Ubuntu saya.dan berikut ini langkah-langkah yang saya lakukan untuk konfigurasi hp tersebut agar dapat saya gunakan sebagai modem di Ubuntu saya.Berhubung UBUNTU 9.04 belum menyertakan wvdial maka langkah awal yang saya lakukan adalah elistadyon.com

A.Menginstall wvdial dalam ubuntu ini

pertama saya mengunjungi situs elistadyon.com dan http://packages.ubuntu.com/jaunty/wvdial… dan mencari folder wvdial_1.60.1+nmu2_i386.deb atau wvdial_1.60.1_i386.deb yang didalamnya terdapat file-file dibawah ini:
1.libxplc0.3.13_0.3.13-1build1_i386.deb
2.libwvstreams4.4-base_4.4.1-0.2ubuntu2_i386.deb
3.libwvstreams4.4-extra_4.4.1-0.2ubuntu2_i386.deb
4.libunicon4.4_4.4.1-0.2ubuntu2_i386.deb


saya download file diatas semuanya kemudian saya install satu per satu dengan cara klik kanan pada file yang telah terdownload kemudian pilih “Open with Gdebi package installer
terus terang saya tidak bisa menggunakan akses internet lain kecuali smart ini jadi kalau mau akses internet pake ubuntu jelas tidak bisa (karena belum selesai settingannya) untuk dapat mendownlaod file-file diatas saya menggunakan OS wind***.

B.Setting wvdial configurasi (wvdial.conf)

buka terminal kemudian ketik elistadyon@elistadyon-laptop:~$ sudo gedit /etc/wvdial.conf

setelah terbuka tambahkan atau ganti scriptnya dengan dibawah ini:

[Dialer smart]
Init2 = ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
Modem = /dev/ttyUSB1
New PPPD = yes
Phone = #777
Username =smart
Password =smart
Ask Password = 0
Dial Command = ATDT
Stupid Mode = 1
Compuserve = 0
Force Address =
Idle Seconds = 300
DialMessage1 =
DialMessage2 =
ISDN = 0
Auto DNS = 1


kemudian save dan close

C.Setting konfigurasi ppp options

buka terminal kemudian ketik elistadyon@elistadyon-laptop:~$ sudo gedit /etc/ppp/options

hapus dan ganti semua script dengan ini:
asyncmap
0
noauth
crtscts
modem
proxyarp
noipx
persist
idle
1000000


kemudian save dan close

elistadyon.com

D.Menghubungkan hp smart dengan ubuntunya

menghubungkan hp smart dengan komputer kemudian buka terminal dan ketik
elistadyon@elistadyon-laptop:~$ lsusb

saya menemukan seperti ini:
elistadyon@elistadyon-laptop:~$ lsusb
Bus 002 Device 001: ID 1d6b:0002 Linux Foundation 2.0 root hub

Bus 008 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub

Bus 007 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub

Bus 006 Device 002: ID 15d9:0a37

Bus 006 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub

Bus 005 Device 002: ID 05c6:9004 Qualcomm, Inc.

Bus 005 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub

Bus 001 Device 002: ID 064e:a103 Suyin Corp.

Bus 001 Device 001: ID 1d6b:0002 Linux Foundation 2.0 root hub

Bus 004 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub

Bus 003 Device 001: ID 1d6b:0001 Linux Foundation 1.1 root hub


Pada Bus 005 Device 002: ID 05c6:9004 Qualcomm, Inc. itulah letak hp smart saya yang terdeteksi oleh ubuntu. Angka 05c6:9004 sangatlah penting untuk diperhatikan karena akan berguna untuk setting di berikutnya angka tersebut berbeda jika perangkat hp yang dihubungkan juga berbeda.

Setelah itu ketik elistadyon@elistadyon-laptop:~$ sudo modprobe usbserial vendor=0x05c6 product=0x9004
disinilah fungsi angka tersebut jika angka tersebut tidak sesuai jika nanti akan dikoneksikan ke internet maka akan terjadi eror seperti ini
-> WvDial: Internet dialer version 1.60

--> Cannot open /dev/ttyUSB1: No such file or directory

--> Cannot open /dev/ttyUSB1: No such file or directory

--> Cannot open /dev/ttyUSB1: No such file or directory

saat saya mengetikan perintah diatas (elistadyon@elistadyon-laptop:~$ sudo modprobe usbserial vendor=0x05c6 product=0x9004)
terjadi kesalahan seperti ini:
module usbserial not found
module usbserial not found

setelah saya googling kesana-kemari mencari informasi ternyata dalam ubuntu 9.04 dengan linux kernel 2.6.28 terdapat bug yang tidak bisa mendeteksi keberadaan module usb
maka langkah yang harus saya lakukan adalah mengganti(mengupgrade) linux kernel 2.6.28 dengan linux kernel 2.6.30 untuk langkah-langkah peng-upgrade-an silahkan lihat disini

E.Menghubungkan ke internet

Setelah langkah-langkah diatas berhasil saya lalui maka langkah terakhir adalah menghubungkannya keinternet
ketik elistadyon@elistadyon-laptop:~$ sudo wvdial smart
ingat sudo wvdial smart bukan wvdial smart harus pakai sudo.
Dan hasilnya akan seperti ini:

elistadyon@elistadyon-laptop:~$ sudo wvdial smart
--> WvDial: Internet dialer version 1.60
--> Cannot get information for serial port.
--> Initializing modem.
--> Sending: ATZ
ATZ
OK
--> Sending: ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
ATQ0 V1 E1 S0=0 &C1 &D2 +FCLASS=0
OK
--> Modem initialized.
--> Idle Seconds = 300, disabling automatic reconnect.
--> Sending: ATDT#777
--> Waiting for carrier.
ATDT#777
CONNECT
--> Carrier detected. Starting PPP immediately.
--> Starting pppd at Wed Dec 9 21:10:16 2009
--> Pid of pppd: 3639
--> Using interface ppp0
--> pppd: ������d[08]��d[08]
--> pppd: ������d[08]��d[08]
--> pppd: ������d[08]��d[08]
--> pppd: ������d[08]��d[08]
--> pppd: ������d[08]��d[08]
--> local IP address 10.12.93.135
--> pppd: ������d[08]��d[08]
--> remote IP address 10.20.4.12
--> pppd: ������d[08]��d[08]
--> primary DNS address 10.17.3.244
--> pppd: ������d[08]��d[08]
--> secondary DNS address 10.17.3.252
--> pppd: ������d[08]��d[08]


saya tinggal berselancar kedunia maya sepuasnya...hehe

elistadyon.com

UPDATE !!!! UNTUK SETTINGAN DI UBUNTU 9.10 SILAHKAN DICEK DISINI

semoga bermanfaat ya.

32 komentar:

  1. aku juga pake smart euy!! hehe... :D

    BalasHapus
  2. ++ Yolizz : hehe samaan dunk mbak smarters gt luch hehe

    BalasHapus
  3. wah, jadi ngiler sama smart nih.

    BalasHapus
  4. waw.. nice.. aku lom pernah coba coba sih.. :D

    BalasHapus
  5. ++ Ayas Tasli Wiguna : hehe silahkan mas ayas jangan lupa kalau dah beli langsung dicobain ya..

    ++ Sang Cerpenis bercerita :waduh mbak jangan ngiler dunk...ntar aku malah ikut-ikutan ngiler lho kan bisa berabe

    ++ rudi :sama sama mas rudi

    ++ Tukang komen : tadi pas tak coba cuma dapet 30 kbps aja mas hiksss maklum lum ada EVDO nya masih CDMA.

    ++ Cloud : silahkan dicoba-coba mas cloud

    BalasHapus
  6. Nice info bro.
    Siapa tau suatu saat saya pakai Ubuntu

    BalasHapus
  7. gmana gmana???
    banter g?
    katanya lelet?

    BalasHapus
  8. jujur aja, aQ plg kapok dan sdh plg mals menjadikan hp sbgai modem, bkn apa sllu aj blkangan ada masalahnya, ato mungkin aQ aja mmg yg sll krg berunutng yah.heheh...akhirnya stlh mencb semua merek modem wireless, krtu2 dr semua operator, hp, pilihanQ ttp aja di sambungan kabel speedy yg jg g lps dr brbagai masalah

    BalasHapus
  9. thanks atas infonya....tapi pasti HP nya mahal... :(

    BalasHapus
  10. mantab sob... klu da punya laptop ane praktekin... kalo :)

    BalasHapus
  11. mantab
    salam hangat selalu

    p cabar maz

    BalasHapus
  12. yg kayak gini ni yang tak cari...pencerahan utk ak gan!!

    BalasHapus
  13. mas, izin support daku di Festival Museum Nusantara

    BalasHapus
  14. nice info, ghan! :)

    BalasHapus
  15. ++ Festival Museum Nusantara : siap mas nyubiii..hehe maaf baru bisa balas komentarnya...

    ++ re-neo : hhehe ok thanks kunjungannya ya

    ++ bluethunderheart : salam hangat selalu..kabar baik bang blue hehe...

    ++ Nyubi : semoga secepatnya punya laptop amin....

    ++ ai : terjangkau mbak ai ...ada harga ada barang(hehehe katanya)

    ++ sarahtidaksendiri : waduh-waduh mbak sarah jadi deg-degan dengernya hehehe

    ++ Aniz Azhar Roy : lumayan cepet tapi banyak lambatnya hehe..kalau lelet saya kira tergantung tempatnya deh...

    ++ Erik : hehehe terima kasih kang erik atas kunjunganya

    ++ chaliciousgealgeol

    BalasHapus
  16. bagaimana kalau di fedora core 8

    BalasHapus
  17. wuih, thx
    sangat membantu saya

    BalasHapus
  18. terimakasih atas tulisan anda.
    postingan anda sangat membantu para newbie,
    dan semoga tambah ramai di kunjungi.

    BalasHapus
  19. ++ Anonymous : waduh maaf nih saya kurang begitu tahu bahkan tidak tahu sama sekali tentang fedora..hehehe maaf ya

    ++ Anonymous : sama-sama.terima kasih kunjungannya ya..

    ++ MHICYI : sama - sama senang bisa saling membantu

    BalasHapus
  20. saya pake ubuntu 9.10 untuk konek ke modem hp smart zte c261, tapi kok ga bisa2 ya, slalu gagal saat dial menggunakan "wvdial smart", smua langkah udah sy ikutin kecuali update kernel karena ubuntu karmic kernelnya diatas linux kernel 2.6.28. Ada Solusi, please?

    BalasHapus
  21. ++ Anonymous : dicoba perintahnya diganti dengan "sudo wvdial smart" jadi harus pakai "sudo"
    buat mas/mbak Anonymous terima kasih

    BalasHapus
  22. elista..aku udah berfhasil konek ke internet via ubuntu 9.10 pake hp zte c261.....
    thanks ya...
    ada yg mau aku tanyain.
    apakah setiap kali konek cukup dengan sudo wvdial aja...
    maksudku ga perlu pancingan win***s dulu ?

    BalasHapus
  23. +++ cokmahendra : buat mas cokmahendra sebelumnya terima kasih atas kunjungannya
    menurut saya setiap akan konek yang perlu dilakukan adalah mengetikkan 3 hal yakni
    ->lsusb
    ->sudo modprobe usbserial vendor=0x05c6 product=0x9004
    ->sudo wvdial smart
    ada sedikit trik biar anda tidak selalu menulis ketiga perintah diatas yakni setelah sampai pada terminal silahkan tekan tombal navigasi keatas/kebawah pada keyboard(maaf kalau salah nulis)
    semoga bermanfaat

    BalasHapus
  24. ya...memang perlu pake modprobe dulu...
    tekan tombol navigasi naik / turun maksudnya untuk apa ya ?

    BalasHapus
  25. +++ cokmahendra : biar nggak usah nulis perintah diatas mas jadi setelah buka terminal kalau kita tekan tombol keatas dan kebawah maka secara otomatis ketiga perintah itu muncul satu persatu

    BalasHapus
  26. kalo modem EVDo yg USB sama gk ne setting na,,!!!
    cos modem na bisa USB bsa modem..

    BalasHapus
  27. Tenk,s Boss aku udah bisa konek
    tapi kl cara diskoneknya gimana ya?

    BalasHapus
  28. UPDATE SILAHKAN CEK http://elistadyon.com/update-menjadikan-hp-smart-zte-c261-sebagai-modem-di-ubuntu-9-10-karmic.php

    BalasHapus
  29. salam kenal bro,sy juga pengguna smart,tp hr ini sy ada masalah,saat saya coba konek ke kompi,modemnya malah berfungsi sbg usb,sdh dimatikin hp berkali-kali tetap ga mau mati fungsi usbnya,pls pencerahannya.cah_aries15@yahoo.com

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan jejak.