MEMPERBAIKI GRUB UBUNTU (INFO)


posting pertama ditahun 2010,sebenarnya terlambat sih karena beberapa minggu sempat menghilang dari dunia perbloggeran,banyak sekali pekerjaan yang harus saya kerjakan dan akibatnya blog ini jadi nggak terawat sama sekali.. untuk sahabat blogger yang setia mengunjungi blog saya, saya ucapkan banyak terima kasih sekaligus mohon maaf karena belum sempat membalas komentar dan kunjungannya..
baik langsung ke topik utama,kali ini saya akan membahas pengalaman saya tentang mengembalikan grub (pilihan bootloader dari beberapa OS yang diinstall dalam komputer kita) yang rusak akibat kita menginstall ulang OS windows kita ataupun karena sebab yang lain.
Langkahnya sangat sederhana sekali dan tidak memerlukan pengetahuan khusus,dan berikut ini langkah-langkahnya:
A.BOOTING MENGGUNAKAN LIVE CD UBUNTU

Pilih boot dari live cd dan apabila sudah ada menu awal atau apa namanya pilihlah "try ubuntu without any change on your computer"
tunggulah sampai tampilan jendela ubuntu muncul
B.KETIK PERINTAH PADA TERMINAL
Buka terminal console pada ubuntu kemudian ketik elistadyon@elist_computer:$$ sudo grub
Setelah muncul tanda ( > ) selanjutnya ketik kan perintah >find /boot/grub/stage1
Cari letak( hda)partisi ubuntu anda biasanya berformat hda1,hda2,hda3….dst
Karena grub ubuntu dimulai dari(hd0,0)maka nanti jika letak pastisi ubuntu dihda2 maka kita tulis (hd0,1) untuk grubnya..
Jika anda sudah tahu dimana letak partisinya ketik kan perintah >root (hd0,…) keterangan: titik-titik ini silahkan isi sesuai letak partisi ubuntu misal:> root (hd0,1),root (hd0,2),….dst
Setelah itu ketik >setup (hd0)
Dan yang terakhir >quit
C.RESTART KOMPUTER ANDA DAN LIHAT HASILNYA (Jangan lupa live cd nya diambil ya)

5 komentar:

  1. Taon baru template baru.. kereeen :)
    wah si Akang pake Ubuntu ya...
    *ane ra mudeng tuw*
    Mohon dukungan untuk Festival Museum Nusantara
    *please put me on your blogroll with anchor text : Festival Museum Nusantara*
    best regards,
    Festival Museum Nusantara

    BalasHapus
  2. sip, nice info..
    tapi saya mainnya di debian :D

    BalasHapus
  3. woalaahh... pake ubuntu toh yaahh??!! aiihh... @_@

    BalasHapus
  4. ++ Nyubi : ya mas nyubi, ternyata template yang saya pakai kemarin ada sedikit problem jadi terpaksa deh ganti dngan yang baru hehehe...wah lagi ikutan kontes ya..good luck aja ya...

    ++ amri : hehe ok mas amri...makasih kunjungannya ya...

    ++ Yolizz : aiiihh mbak yolizzz datang hehehe makasih kunjungannya ya mbak...

    BalasHapus

Silahkan meninggalkan jejak.